Program Jum’at Barokah Mempertemukan Saya dengan Ibu Yunimar (Part 2)

Kantor KUA Lubuk Kilangan

ini merupakan kelanjutan dari http://ephi.web.id/blog/2022/09/21/program-jumat-barokah-mempertemukan-saya-dengan-ibu-yunimar/.

Jum’at, 16 September, jam 15.00 kami (Saya, Hengki, Firman dan Pak Dasli, ketua tim Jum’at Barokah) membawa Buk Mar beserta  orang anaknya yang sudah beranjak dewasa ke Kantor KUA Kec. Lubuk Kilangan.  Di Kantor KUA, kami langsung disambut baik oleh Kepala KUA dan 2 orang penyuluh serta menceritakan maksud kedatangan kami.

Alhamdulillah, pihak KUA memberikan wejangan2 terkait bagaimana proses masuk Islam, dalam agama Islam, tidak ada paksaan untuk masuk Islam, malah pihak KUA mengatakan susahnya jika beragama Islam, banyak kewajiban yang mesti ditunaikan, banyak larangan yang mesti dihindari, dan lain-lainnya, apakah buk Mar sudah yakin dan sanggup untuk itu?. Disamping itu, pada pertemuan inipun pihak KUA menggali alasan apa yang membuat Buk Mar ingin pindah agama dan serta meyakinkan bahwa pindah agama betul-betul dari dalam diri sendiri, bukan karena paksaaan dan penyebab lainnya. Buk Mar mengatakan siap dan menyatakan bahwa keinginan masuk Islam ini murni dari dalam hatinya, bukan karena paksaan dan faktor lainnya, dan kami butuh bimbingan.

Setelah pihak KUA merasa cukup yakin, maka diberitahu bahwa untuk legalisasi proses mualaf ini, buk Mar mesti: 1. Mengikuti bimbingan awal proses masuk islam di KUA, 2. Menyiapkan KTP/KK, 3. Menyiapkan pas photo, 4. Menyiapkan meterai utk surat pernyataan bahwa pindah agama bukan karena terpaksa. Semua syarat diatas dipenuhi pada hari Senin, 19 September 2022.

Dalam pertemuan tersebut, kami selaku pihak yang memfasilitasi juga mendiskusikan dengan pihak KUA bagaimana proses berikutnya. Disepakati bahwa kegiatan pengucapan syahadat akan dilaksanakan pada hari Selasa, 20 September 2022, jam 20.00 WIB (setelah sholat Isya) di Surau Buah Manggih yang berada dekat tempat tinggal Buk Mar.

Setelah memperoleh informasi yang lengkap, kamipun pulang, dan keesokan harinya buk Mar menyiapkan semua dokumen, serta pada hari Senin, 19 Sep 2022, didampingi oleh tim Jum’at Barokah, Buk Mar menyerahkan seluruh persyaratan dan mengikuti bimbingan awal terkait proses masuk islamnya.

Sementara itu, kita dari tim Jum’at Barokah pada hari Senin, 19 September 2022, jam 15.30 WIB, silaturahmi dengan pengurus Surau Buah Manggih terkait rencana untuk proses pengucapan syahadat Buk Mar dan keluarga. Pihak pengurus mengucapkan terima kasih dan sangat bahagia jika kegiatan tersebut dilaksanakan di Surau Kami, nanti kami akan mengundang jemaah kami juga untuk kegiatan ini dan kami juga siap untuk membimbingnya nanti, Ujar Ustadz Bon, pengurus surau Buah Manggih. Alhamdulillah, dimudahkan setiap proses yang dilewati. Untuk teknis kegiatan pengucapan syahadat, sepenuhnya di handel oleh pihah KUA.

[bersambung: Prosesi Pengucapan Syahadat Buk Mar dan Keluarga]

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*