Kebun Teh Alahan Panjang, Pesonanya Yang Memanjakan Jiwa

Minggu, 22 Agustus 2021, berkesempatan wisata ke Kebun Teh di Alahan Panjang, Kab, Solok.

Kebun Teh Alahan Panjang adalah perkebunan penghasil daun teh terbesar di Sumatera Barat yang berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara dengan luas 20 hektar.

Perkebunan ini berada di atas Bukit Barisan lereng bagian timur Kawasan Taman Nasional Kerinci dengan ketinggian 1400-1600 mdpl.

Meskipun profesi kebanyakan masyarakat Solok adalah pedagang dan petani khususnya penghasil padi, namun hasil produksi dari perkebunan ini sangat bagus sekali bahkan Solok menjadi penghasil daun teh terbesar di Sumatera Barat dengan kehadiran perkebunan ini.

Hamparan hijau yang luas dari daun teh yang menyegarkan mata, udara yang sejuk, aroma teh, serta sajian minuman hangat di warung terdekat perkebunan menjadi sebuah keindahan yang sulit dilukiskan.

Rebutan Belanda-Jerman

Pada masa lalu, wilayah perkebunan teh menjadi lahan yang diperebutkan oleh orang Belanda dan Jerman. Undang-undang agraria tentang aturan penanaman modal oleh investor juga berdampak sampai ke Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat.

Pada akhirnya, daerah yang merupakan onderaafdeling (setingkat kecamatan) dari Kerinci tersebut sebagian besarnya dikelola oleh Belanda.

Di bawah kendali Handelsvereenigmg Amsterdam (H.V.A.), yang berpusat di Kayu Aro, Kerinci, lahan tersebut sebagian besar ditamani teh.

Orang Jerman juga mendapatkan sedikit wilayah dari perebutan tersebut, tepatnya di daerah Akar Gadang, sekitar 16 kilometer dari Alahan Panjang. Lahan seluas 82 hektar teh kemudian ditanami dengan teh.

Untuk tempat tinggal, mereka membangun villa di puncak bukit pada tengah perkebunan tersebut. Sejenak, barangkali tanah kelahiran menjadi terlupakan.

Waktu bergulir. Saat ini, perkebunan teh di Alahan Panjang dikelola oleh pemerintah di bawah PT Perkebunan Nusantara. Masyarakat sekitar masih melakukan rutinitas yang sudah hampir seabad lamanya mereka tekuni, memetik teh.

Tidak dipungkiri, waktu seolah berjalan lambat di sini. Jika dilihat dari berbagai foto dan lukisan yang diabadikan oleh fotografer Eropa di masa lalu, wajah perkebunan teh Alahan Panjang tidak berubah jauh.

Alahan Panjang masih dihiasi bukit-bukit bergelombang dengan hamparan kebun teh yang seperti tikar beludru hijau jika dilihat dari kejauhan.

Jalan menuju destinasi wisata Kebun Teh yang berlokasi di Solok ini terbilang amat mulus dan tidak menyulitkan sama sekali.  Dari kota Padang sekitar 1 jam perjalanan saja.

Sumber : dari berbagai sumber

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII