Hati-Hati: ada yang membuat FAKE WA Profil a.n Saya

Fake WA

Bapak/Ibu, teman2 semuanya ysh, sejak kemarin, 13 April 2022, saya mendapat pemberitahuan dari teman di Jakarta, bahwa ada yang menghubungi beliau via WhatsApp Nomor: +62 819-9020-7896, dengan menggunakan nama saya Yuhefizar serta menggunakan foto profil yang bergambar saya. Kemudian, hari ini, 14 April 2022, saya mendapatkan laporan dari teman dari Pekanbaru, ada lagi menghubungi dengan pola yang sama namun dengan nomor yang berbeda, yaitu: +62 857-6014-5570. Berikut contoh WA Profilnya.

Perlu saya sampaikan bahwa nomor saya hanya satu (bagi bpk/ibu yg sdh pernah menyimpan nomor saya), sejak tahun 2000, nomor saya hanya itu saja yang aktif hingga sekarang. Jika ada yang menghubungi bpk/ibu, teman2 dengan nomor baru yang mengatasnamakan saya, menggunakan nama/foto saya, mohon diabaikan, kalau bisa silahkan di BLOKIR saja. untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini merupakan model FAKE melalui aplikasi WA yang bisa dilakukan oleh siapa saja. FAKE adalah sesuatu yang palsu, namun dibuat seolah-olah asli. Misalnya dalam kasus saya diatas, Nomor HP yang digunakan adalah no hp si pemalsu, namun agar orang yakin itu adalah no hp saya, maka dia melakukan FAKE, dengan cara mengubah nama dengan nama saya, dan mengubah profil dengan foto saya. Agar orang yakin dan percaya itu adalah saya.

Kemudian dengan modal tersebut, dia menghubungi teman-teman saya, dan mengaku2 diri saya.

Tentu orang yang melakukan FAKE ini mempunyai tujuan tertentu, untuk itu, jika Bpk/Ibu, Teman2 dihubungi oleh nomor yang meragukan/tidak terdaftar dalam kontak bpk/ibu, dan mengaku dari saya, Mohon diabaikan, BLOKIR saja, karena dipastikan itu bukan saya.

lalu dari mana pelaku ini dapat nomor kontak bpk/ibu atau teman2, salah satunya melalui media sosial, atau si pelaku berada dalam satu group WA (menyusup) yang sama dengan kita, atau melalui teknik lain yang mesti dipelajari lebih jauh.

FAKE berbeda dengan HIJACKED, kalau hijacked, sipelaku betul-betul berhasil mengambil alih nomor kita, sehingga nomor kita berada dalam penguasaan dia. Sedangkan FAKE, nomor asli masih dibawah kendali yang punya, seperti kasus saya diatas, nomor saya yang asli masih dalam kendali saya.

Saran saya, jika mendapat kontak dalam kasus seperti diatas, mohon bantu untuk di BLOKIR dan DILAPORKAN di aplikasi WAnya. Dengan cara, Klik nama ybs diaplikasi WA kita, lalu pilih titik 3 diatas kanan, kemudian pilih Lihat Kontak, dari halaman yg tampil geser kebawah, sehingga terlihat pilihan BLOKIR dan LAPORKAN.

Dari laporan teman2, Modus Penipuannya adalah LELANG, modusnya:

  1. mengaku2 mendapat undangan untuk mengikuti lelang
  2. mengaku2 mendapat jatah dalam lelang tersebut, atau mengaku2 sbg panitia/atau orang penting yang terlibat dalam lelang tersebut.
  3. lalu menawarkan ke kita2 dengan harga “MIRING”, agar kita tanpa pikir panjang, biasanya disertakan limit. Misal, kesempatan terbatas hingga 2 jam kedepan, jika tidak diambil maka barang hangus, dll.
  4. Jika kita setuju, maka dia akan minta uang tanda jadi, dan mesti ditransfer segera dalam waktu yang terbatas. Maka, kita buru2 tanpa mikir panjang, lansung transfer, kapan lagi dapat barang “wah” dgn harga miring….
  5. Setelah di transfer, dia akan banyak ngelesnya, dan bisa jadi menawarkan barang yg lain lagi. Jika orang yg cepat tergiur…. bisa jadi 2x kena…
  6. begitu kita sadar itu penipuan…. kita gak bisa menghubungi ysb, gak punya kontak dll.

Kira2 akan seperti itu modusnya…

Semoga kejadian menjadi pembelajaran bagi kita untuk semakin hati-hati, dan terhindar dari upaya yang tidak baik dari si pelaku FAKE ini, dan mari kita doakan semoga orang yang melakukan FAKE ini diberi hidayah, Aamiinnn yra.

Padang, 14 April 2022
Yuhefizar

NB. Bagi teman2 yang dihubungi seperti kasus diatas, mohon diinfokan kesaya, agar saya update data PEMALSU tersebut di website ini, sekaligus kita membantu teman2 yang lain dari upaya yang tidak baik. Terima kasih

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII