Rapat Konsolidasi MPII Sumbar

Ki-ka : Bpk. Elsandra, Bpk. Yuhefizar, Bpk. Depi Desmal, Ibu Syafriawati

Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) merupakan organisasi perkumpulan pemuda Islam yang didirikan oleh perwakilan aktivis muda Islam pada organisasi kepemudaan berbasis Ormas Islam Indonesia yang berada bawah naungan Majelis Ulama Indonesia (MUI), antaranya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Persis, al-Irsyad, Mathlaul Anwar, al-Washliyah, ICMI, Dewan Masjid Indonesia dan lain-lainnya. Tak pelak, basis utama kepengurusan dan keanggotaan organisasi ini adalah merujuk pada induk organisasi kemasyarakatan Islam, dimana organisasi kepemudaan tersebut berada dibawah otoritas keorganisasian baik secara struktural maupun secara kultural.

Cita-cita luhur MPII adalah ingin menjadi wadah dan tenda besar bagi organisasi kepemudaan berbasis Islam di Indonesia dengan tidak terjebak pada perbedaan ideologi, nilai perjuangan organisasi dan atribusi artifisial lainnya yang dalam kadar tertentu dapat menutup peluang untuk sekadar bertemu, menyapa, berdialog dan bahkan bersinergi untuk kepentingan bangsa dan negara yang lebih besar. Melalui cita-cita ini, MPII berkomitmen untuk terlibat aktif mengikis jurang perbedaan yang parsial menuju titik temu perjuangan yang substansial dan mashlahah demi menggapai mimpi besar kedaulatan dan kemandirian bangsa, negara dan agama. Dengan demikian, perbedaan ideologi perjuangan tidak menjadi persoalan krusial dan asasi, lebih-lebih menjadi penghalang bagi seseorang untuk berkiprah menjaga kedaulatan NKRI, merawat anugerah (ke) Bhinneka Tunggal Ika (an), memperjuangkan amanat kebangsaan yang termaktub dalam Undang-undang Dasar 1945, dan serta mempertahankan ideologi Pancasila dari ancaman gerakan yang ada baik ekstrim kanan maupun esktrim kiri.

MPII menyadari bahwa persolan besar dan rumit bangsa dan negara ini tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu golongan atau organisasi masyarakat tertentu, dibutuhkan kerjasama dan komitmen kebersamaan yang kuat dalam menyelesaikan pelbagai persoalan bangsa dan negara. Tanpa sokongan kerjasama dan komitmen kebersamaan yang kuat dari segenap elemen anak bangsa, sepertinya cita-cita besar para pendiri bangsa akan lahirnya Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya akan jauh panggang dari api. Dalam konteks ini, tugas utama sebagai generasi bangsa adalah bagaimana mendayagunakan pikiran, tenaga dan potensi personal lainnya dalam menjemput lebih cepat cita-cita dan mimpi besar kebangsaan para pendiri bangsa di atas dalam bentuk yang lebih nyata dan kongkrit. MPII berkeyakinan hanya dengan bekerjasama dan bersinergi sesama anak bangsa tanpa terjebak dengan belenggu perbedaan ideologi dan nilai juang organisasi, maka cita-cita kebangsaan para pendiri bangsa dengan mudah kita realisasikan dalam tempo yang ralatif singkat.

Untuk itulah, sejak Agustus 2016 kemarin telah dideklarasikan MPII Wilayah Sumbar dengan Ketua Bpk. Depi Dasmal dan Bpk. Yuhefizar sebagai Sekretaris. Kemudian dibentuklah struktur kepengurusan MPII Wil. Sumatera Barat. Guna memperkuat pondasi MPII wil Sumbar, maka direncanakan akan diadakan beberapa kegiatan untuk konsolidasi dengan semua pihak terkait dan masyarakat. Maka, pada hari Kamis, 15 Desember 2016 beberapa pengurus sepakat mengadakan pertemuan, dalam hal ini bertempat di Masjid Jamiatul Huda Ketapiang. Hadir dalam pertemuan tersebut Bpk. Depi, Bpk Elsanra, BUndo Wati dan saya sendiri. Dalam pertemuan yang berlangsung lebih kurang 2 jam tersebut membahas berbagai masalah, solusi dan program kerja kedepannya.

Salah satu point pentingnya adalah MPII Wil Sumbar akan segera mengangkat sebuah acara dalam bentuk seminar ilmiah yang berhubungan dengan nilai-nilai kebangsaan, untuk memperteguh kader muda Indonesia.

Semoga upaya ini bernilai ibadah disisi Allah, SWT, Aaminn YRA.

Padang, 15 Desember 2016
Sekretaris MPII Sumbar,

Yuhefizar a.k.a Ephi Lintau

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII