Pelatihan Website Nagari

My Quote

Sungai Sariak – Dalam rangka mengoptimalkan sumber daya nagari dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Pemerintah Nagari Sungai Sariak sangat merespon peran Perguruan Tinggi dalam membantu membangun website nagari dan sistem informasi nagari.

Dalam kesempatan ini, Politeknik Negeri Padang, selaku Perguruan Tinggi mempunyai peran dalam membantu nagari, salah satunya dalam bidang teknologi Informasi. Untuk itulah dilakukan kerjasama dengan pemerintah nagari dalam membuat website nagari dan sistem informasi nagari dengan alamat www.sungaisariak.desa.id dan http://si.sungaisariak.desa.id.

Untuk mem-follow up kerjasama tersebut, dilakukan kegiatan tata cara penggunaan aplikasi kepada segenap staff nagari dengan narasumber dari Politeknik Negeri Padang, Bpk. Yuhefizar. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 yang bertempat di kantor Wali Nagari Sungai Sariak. Bpk. Samsuar, selaku wali nagari mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan oleh Politeknik Negeri Padang dan berharap kerjasama dengan Politeknik dapat lebih ditingkatkan, hal ini juga diaminkan oleh Bamus Sungai Sariak bpk. Zahirman. Beliau juga mengatakan bahwa pembangunan website dan sistem informasi nagari saat ini juga merupakan program pemkab Kab. Padang Pariaman, melalui dinas Kominfonya, sehingga kami sangat menyambut baik kegiatan ini.

Bersama Kominfo Padang Pariaman

Kegiatan ini juga terlaksana berkat fasilitasi dari Kominfo Padang Pariaman, terutama dalam proses pengurusan nama domain sungaisariak.desa.id.

Diakhir kegiatan, Bpk. Yuhefizar menyampaikan bahwa apa yang telah kita bangun dan latih saat ini, ini hanyalah pintu pembuka bagi nagari untuk memanfaatkan dan mengekspos potensi nagari, tentu selanjutnya sangat tergantung kepada staff yang telah dilatih, karena website/sistem informasi nagari tidak akan ada gunanya jika tidak dimanfaatkan/diupdate dan dikelola lebih lanjut. Beliau juga menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari penelitian kami di Politeknik Negeri Padang yang diketuai oleh Bpk. Drs. Albar, M.Kom.

Alhamdulillah, kegiatan pelatihan berjalan lancar dan sukses semoga kegiatan ini bermanfaat untuk nagari, serta menjadi pemicu bagi nagari lainnya.



IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII