Sosialisasi Website dan Sistem Informasi Nagari Lubuk Jantan

My Quote

Lubuk Jantan – Lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (UU Desa) atau Nagari memberikan harapan baru pada pembangunan di tingkat Desa/Nagari. UU Desa memberikan ruang bagi nagari untuk menjadi aktor pembangunan dengan mengedepankan adanya prinsip subsidiaritas dan rekognisi atas keberadaan nagari sebagai entitas kultural sekaligus pemerintahan. Melalui UU ini, secara filosofis, negara mengakui adanya nagari sebagai salah satu entitas sosio-kultural yang secara historis ada sebelum negara Indonesia dideklarasikan. UU ini mengakui desa sebagai bagian dari yuridiksi dalam ketatanegaraan formal negara.

Salah satu point penting yang dinyatakan dalam UU tersebut Nagari berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Nagari yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa/Nagari dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

Berdasarkan kondisi diatas, pemerintahan Nagari Lubuk Jantan menyambut baik kerjasama dengan Politeknik Negeri Padang untuk membangun website Nagari dan Sistem Informasi Nagari Lubuk Jantan sebagai media untuk menjembatani seluruh stake holder terkait nagari dengan memanfaatkan media teknologi sekaligus menjawab amanah dari UU tersebut.

Politeknik Negeri Padang selaku Perguruan Tinggi mempunyai kewajiban juga dalam mengaplikasikan perannya ditengah-tengah masyarakat dengan memberikan aplikasi-aplikasi yang siap pakai sehingga bermanfaat untuk masyarakat banyak. Salah satunya dalam pembuatan Website Nagari dan sistem informasi nagari ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada hari Sabtu, 8 September 2018 yang lalu telah dilakukan sosialisasi tentang pemanfaatan dan penggunaan aplikasi ini yang dihadiri oleh seluruh stake holder nagari, mulai dari kepala jorong, unsur Ninik Mamak, Unsur KAN, Tokoh Masyarakat, Bundo kanduang serta seluruh staf nagari dan unsur lainnya. Sementara itu, dari Politeknik Negeri Padang hadir Bpk. Yuhefizar selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Tim dari Politeknik yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Bpk. Drs. Albar, M.Kom, Dr. Yuhefizar, M.Kom, Ir. H.A Mooduto, M.Kom dan Rahmat Hidayat, ST, M.Sc.IT.

Website nagari Lubuk Jantan dapat di akses melalui http://lubukjantan.desa.id. Website ini berisi aktifitas serta informasi terkait dengan nagari, sementara itu juga tersedia link khusus bagi admin dalam menyelenggarakan layanan warga. Sampai saat ini, tim nagari telah berhasil menginput data warga ke database hingga 75%, sehingga pihak nagari dengan mudah mendapatkan data statistik warga serta proses layanan warga semakin mudah, terutama dalam hal surat menyurat. Disamping itu, pihak Politeknik Negeri Padang juga telah menyediakan layanan warga ini berbasis perangkat mobile, sehingga warga dapat dengan mudah mengajukan permohonan layanan ke nagari.

Walinagari Lubuk Jantan, Bpk. Mukhlis mengatakan sangat terbantu dengan aplikasi dan website nagari ini, sehingga informasi nagari dapat dengan mudah sampai ke tujuan serta proses layanan warga semakin mudah. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Politeknik Negeri Padang yang telah berkenan membantu nagari.

Bapak Albar selaku ketua Tim dari Politeknik juga mengucapkan terima kasih kepada pihak nagari yang telah bersedia dan membantu segala hal terkait kebutuhan dalam proses membangun website dan sistem informasi nagari ini, hingga bisa selesai ebih awal dan sudah dapat dimanfaatkan. Semoga sedikit sumbangsih kami ini bermanfaat untuk pemerintahan nagari lubuk jantan, tutupnya.



IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII