Nagari Digital Batipuah Ateh, Pelayan Nagari di Ujung Jari

Nagari Digital Batipuah Ateh, Pelayan Nagari di Ujung Jari

Kemajuan teknologi yang tak terbendung, ditangkap langsung oleh Nagari Batipuah Ateh, Kec. Batipuah, Kab, Tanah Datar, bahwa kemajuan teknologi mesti dapat dimanfaatkan dalam setiap lini aktifitas di nagari, utamanya dalam pelayanan pemerintah nagari. Hal tersebut diutarakan oleh Ade Putra, Wali Nagari Batipuah Ateh disela-sela kegiatan pelatihan nagari digital di Hotel Sumpur, Tanah Datar, beberapa waktu lalu.

“Kami sangat menyadari pentingnya pemanfaatan IT, karena kemajuan teknologi ini tidak bisa kita bendung, kemajuan teknologi sudah masuk ke rumah warga secara langsung melalui media selular, tentu hal ini menjadi pemicu kita, agar pelayanan nagari ini juga bisa diakses melalui media selular, sehingga masyarakat dapat terlayani dimana saja, kapan saja, tanpa terkendala oleh jarak dan waktu. Untuk itulah, kami menjalin komunikasi yang intens dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) untuk dapat menfasilitasi rencana kami tersebut, karena PNP juga memiliki program pemberdayaan masyarakat”, ujar pak Wali.

“Alhamdulillah, saat ini, kami telah dibantu PNP dengan teknologi untuk pelayanan nagari berbasis website, dapat diakses pada www.batipuahateh.desa.id, website ini merupakan wadah bagi kami untuk menyampaikan potensi nagari, berita nagari, profil nagari , agenda nagari sekaligus promosi nagari dan lainnya, sehingga melalui website ini terlihat aktifitas kami dimana saja oleh publik, baik di ranah maupun dirantau. Tentu harapan kami dengan website ini terjalin komunikasi yang baik antara kami di nagari dengan stake holder terkait lainnya. Disamping webiste Nagari, kami juga dibantu dengan Sistem Informasi Pelayanan Nagari berbasis website, sehingga saat ini pelayanan dinagari sudah dapat diakses oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja melalui sistem informasi nagari, dan juga bisa diakses melalui perangkat selular. Hal ini sangat membantu kami dalam peningkatan pelayan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan efisien serta terhindar dari kesalahan, karena berbasis database kependudukan”, sambungnya.

“Tidak itu saja, kami juga telah dibantu dengan Anjungan Layanan Mandiri (ALM), mirip ATM yang tersedia di Kantor Wali Nagari. ALM ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan layanan ke nagari, mereka cukup masuk ke sistem informasi nagari dengan KTP Elektroniknya, lalu dengan mudah mengajukan permohonan layanan di ALM tersebut, maka dalam hitungan menit surat aau permohonan yang diminta akan selesai di ALM tersebut”, lanjut pak wali.

“Selain website resmi nagari, sistem informai nagari dan anjungan layanan mandiri, Nagari Batipuah Ateh juga kami bantu dengan Smart Screen Digital (SSD), yaitu semacam smart screen dengan layar sentuh yang telah dilengkapi sistem informasi nagari yang dapat diletakkan ditempat yang banyak aktfitas penduduk, sehigga melalui SSD tersebut masyarakat juga dapat mengurus kebutuhan layanan nagari. SSD ini dapat diletakkan di kantor jorong atau di Masjid. Sehingga pelayanan nagari semakin dekat dengan masyarakat” ujar Yuhefizar, selaku ketua tim pengabdian.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan dari bantuan yang telah diberikan ke Nagari Batipuah Ateh tersebut, maka pada tanggal 10 s.d 11 Agustus 2024 diadakan sosialisasi sekaligus pelatihan  pemanfaatn seluruh fitur layanan nagari berbasis digital. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang  diikuti sekitar 50 orang tersebut terdiri dari wali nagari beserta seluruh perangkat, BPRN, KAN, lembaga kepemudaan, pimpinan sekolah/pesantren serta tokoh masyarakat di Nagari Batipuah Ateh, dengan harapan kemajuan pelayanan yang ada di Nagari Batipuah Ateh dapat diketahui dan dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh masyarakat dan stake holder terkait.

Yuhefizar, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Sosialisasi ini menjadi bagian yang sangat penting, tidak saja sebagai upaya untuk memberitahukan teknologi yang telah kita berikan, namun lebih dari pada itu adalah sebagai bukti dan dukungan penuh dari semua unsur masyarakat. Saya mengapresiasi kepemimpinan pak Wali yang dapat menghadirkan seluruh pihak terkait dalam kegiatan ini, tentu ini menjadi penguat bagi kami, semoga program nagari digital ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga tidak saja pelayanan yang meningkat, namun pada akhirnya peningkataan kesejahteraan masyarakat.

Disamping sosialisasi, para peserta juga dilatih bagaimana cara menggunakan aplikasi dan sistem informasi sehingga semua pihak terkait mampu menggunakan semua fitur dan layanan yang telah disediakan.

Kegiatan yang  merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam program  peningkatan layanan pemerintahan nagari berbasis digital menuju smart village yang didanai oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi,  Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi direncanakan dilaksanakan dalam waktu tiga tahun. Ini merupakan tahun pertama yang fokus kegiatannya dalam memaksimal pemanfaatan website dan sistem informasi dengan perangkat pendudukungnya, ujar Yuhefizar.

Wakil Ketua KAN Batipuah Ateh, dalam sambutan dalam kegiatan ini mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan ke Nagari Batipuah Ateh oleh Kementerian dikbudristekdikti melalui Politeknik Negeri Padang, kami sangat menyadari bahwa dengan sistem informasi pelayanan dinagari akan lebih cepat, tepat dan efisiensi, ini sangat kami  butuhkan sekarang, pungkasnya. Hal senada juga disampaikan oleh peserta lainnya dari perwakilan pemuda, pesantren, lembaga tahfiz, dll.

Pada penutupan acara, Wali nagari menyampaikan “ mari sama-sama kita manfaatkan fasilitas yang telah ada dengan semaksimal mungkin, ini merupakan bagian upaya kita untuk menjadi smart village, dan target akhir adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat kita”, pungkasnya.

Sementara itu, Yuhefizar dalam penutupan kegiatan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh dari segenap unsur masyarakat nagari, semoga kegiatan ini dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat nagari dan tentunya semua stake holder terkait” tutupnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pelayanan berbasis digital dewasa ini sudah menjadi keniscayaan, sehingga peningkatan pelayanan yang direncankana terwujud.

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII