Kolaborasi PNP-Tel-U: Dongkrak Branding Pasia Laweh Melalui Pelatihan Digital Marketing

Untuk memasarkan institusi pemerintah dan institusi bisnis secara lebih mudah, murah, dan menjangkau wilayah yang lebih luas, Politeknik Negeri Padang berkolaborasi dengan Telkom University, Bandung menggelar Pelatihan Digital Marketing dan Branding bagi Aparatur Nagari, Badan Usaha Milik Nagari dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam, 6 September 2022.

 

Rektor Telkom University (Tel-U) yang diwakili oleh Drs. Hadi Purnama M.Si. menyatakan, pemanfaatan digital marketing diharapkan dapat membangun branding produk dan institusi. Selain mengedukasi masyarakat tentang digital marketing, Tim juga juga “meliterasidigitalkan” masyarakat agar mampu menggunakan media digital untuk tujuan positif.

Hadir sebagai Narasumber, Dini Salmiyah Fitra Ali M.Si, dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Komunikasi Pemasaran, Dr. Sri Dewi Setiawati M.Si., dari Program Studi Digital Public Relations, Arie Prasetio M.Si., dosen Komunikasi Pemasaran, Pelopor Event dan Penggagas Event Kampus dan Urban Village yang diakui Pemprov Jawa Barat, dan Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., Kepala Pusat Studi Pengembangan dan Pembangunan Desa/Nagari Politeknik Negeri Padang merangkap Kepala Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang.

 

 

 

 

Dari Tagar Hingga Event

Hadi Purnama, Trainer Digital Marketing (tersertifikasi) dan Trainer Mafindo & Trainer Tersertifikasi Google News Initiative yang juga tercatat sebagai Pengampu MK Digital PR & Komunikasi Visual di Telkom University ini memberikan tugas yang cukup menantang pada peserta.

Mereka ditugaskan membuat sebuah konten IG berbasis pada data dan informasi tentang objek wisata, produk kuliner dan produk kerajinan unggulan Nagari Pasia Laweh dengan menggabungkan antara unsur storytelling dengan visualisasi (foto dan atau video).

Sri Dewi Setiawati, Pembina UMKM dan Owner Retorika Kreatif Media Production mengingatkan 6 langkah dalam melakukan branding yakni mengetahui karakter produk (kelebihan, kekurangan, pembeda, dan segmentasi); tujuan produk; bagaimana sampai ke tujuan tersebut; alat dan taktik apa yang dikerjakan; siapa yang melakukan apa dan kapan; dan bagaimana cara mengukurnya.

Merek hanyalah persepsi, dan persepsi akan sesuai dengan kenyatan seiring waktu, tutupnya sambil mengutip pernyataan Elon Mask.

 

Drs. Hadi Purnama M.Si. mewakili Rektor Telkom University.

 

 

Narasumber Dini Salmiyah Fitra Ali M.Si, dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Komunikasi Pemasaran.

 

Narasumber Dr. Sri Dewi Setiawati M.Si., dari Program Studi Digital Public Relations

 

Di sisi lain, Dini Salmiyah Fithrah Ali, Marketing Communication – London School of Public Relations & Institute of Public Relations Singapore Communication Lecturer in Telkom University menemukan kenyataan yang cukup riskan sebelum pelatihan dimulai.

Tidak diterapkannya simbol tagar (#) oleh UMKM Pasia Laweh di media sosial membuat tak ditemukannya satu konten pun tentang UMKM ini di jagad maya padahal tagar membantu orang untuk menemukan konten produk nagari ini secara online, terangnya.

Arie Prasetio, Pelopor Event dan Penggagas Event Kampus dan Urban Village, di akhir pemaparannya juga memberi tugas kepada peserta. Mereka dianjurkan membuat proposal singkat tentang event unik yang diperkirakan akan mempromosikan, mengundang wisatawan dan investor yang akan membelanjakan dan menanam investasi di Pasia Laweh.

 

 

 

Dari Aparatur Hingga Pelaku UMKM

Pelatihan digital marketing yang diikuti oleh sekitar 40 orang peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, S.Sos., M.M. yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Agam, Rahmad Lasmono.

Adapun materi yang diberikan selama seharian penuh itu adalah “Bersaing Melalui Branding” oleh Dr. Sri Dewi Setiawati M.Si; “Instagram Hashtag”; “Caption Instagram” oleh Dini Salmiyah Fitra Ali M.Si; dan “Storytelling dan Visualizing” oleh Drs. Hadi Purnama M.Si.

 

Narasumber Arie Prasetio M.Si., dosen Komunikasi Pemasaran, Pelopor Event dan Penggagas Event Kampus dan Urban Village yang diakui Pemprov Jawa Barat.

 

 

Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., Kepala Pengembangan Desa dan Nagari Politeknik Negeri Padang merangkap Kepala Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang

 

Bertindak selaku tuan rumah, Zulfikar Zulkifli, S.Sos, M.Si. Camat Palupuh, dan Zul Arifin Datuk Parpatiah, Walinagari Pasia Laweh.

Nagari Pasia Laweh berhasil menjadi juara Lomba Nagari/Desa Berprestasi Tingkat Sumbar 2021. Nagari ini juga potensial sebagai sentra pembibitan sapi di daerah itu. Itu dibuktikan dengan rencana Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, merencanakan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, menjadi sentra pengembangan dan pembibitan sapi di Sumatera Barat.

Walinagarinya yang terkenal ngotot memajukan wilayahnya , baru-baru ini sempat sewot gara-gara beredar isu di media, salah satu jorongnya, Sungai Guntuang bakal dibangun Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kota Bukittinggi.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII