Berkunjung ke Masjid Agung Dharmasraya

Sabtu, 30 April 2022, berkesempatan mengunjungi salah satu masjid yang akan menjadi pusat syiar Islam di Kabupaten Dharmasraya, yah… MASJID AGUNG DHARMASRAYA namanya, yang saat ini sedang dalam tahap finalisasi pembangunannya.

Masjid yang dibangun di atas lahan 67.193 meter itu dirancang dua lantai yang berlokasi dipinggir jalan  Lintas Sumatera, tepatnya di Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung yang diperkirakan dapat menampung 13 ribu jemaah.

Masjid Agung memiliki arsitektur yang begitu elok dimana memiliki empat kubah dan empat menara. Jumlah itu melambangkan filosofi adat Minangkabau yaitu ‘Tau Jo Nan Ampek’. Tau Jo Nan Ampek itu sendiri adalah, kato mandaki, kato mandata, kato manurun, dan kato malareng. Makna kata itu ialah seseorang harus pandai menjaga sikap kepada yang lebih tua, sebaya, dan yang lebih kecil.

Masjid Agung juga menjadi penopang utama seluruh masjid dan surau yang berada di Dharmasraya. Menjadi tempat untuk menyiapkan generasi Dharmasraya yang religi.

Semoga masjid kebanggaan masyarakat Dharmasraya ini segera selesai pembangunannya dan diresmikan penggunaannya, sehingga memberi manfaat yang luar biasa untuk masyarakat dan untuk syiar agama Islam tentunya.

Dharmasraya, 30 April 2022.

 

 

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII