Mengenal Ciri-Ciri Berita HOAX

My Quote

Akhir-akhir ini kita dibanjiri berbagai informasi yang terkadang informasi tersebut saling bertolak belakang sehingga kita tidak tahu mana yang benar dan yang salah. Untuk itu, perlu kita memilah dan memilih serta memvalidasi terlebih dahulu sebuah informasi sebelum di share. Berikut ini beberapa ciri berita HOAX yang saya amati :

  1. Dibagian akhir informasinya berisi ajakan untuk menshare, seperti :  “harap segera share ke teman2.” Jika bertemu berita dengan ajakan seperti itu, segera cek dan ricek dulu jangan buru-buru di share.
  2. Penggunaan sumber infomasi yang meragukan atau tidak menyertakan sumber sama sekali. Kebanyakan berita HOAX tidak menyebutkan sumber resmi, dan kalau ada sumber resminya meragukan, serta link beritanya sudah basi (berita lama).
  3. Penggunaan bahasa yang terkesan update terus, seperti ” malam ini, tadi siang, barusan, dll”. Ini adalah kata-kata yang sulid divalidasi sehingga dikirimkan kapanpun informasi hoax ini akan terkesan baru.
  4. Bersifat provokatif dan mempengaruhi psikologi, misalnya “Jangan biarkan informasi ini tinggal di HP anda, segera share ….agar tidak banyak korban..bla bla…
  5. Mencatut nama orang/organisasi terkenal dan disertai link yang terkesan valid tapi tidak benar. SIlahkan dicek link yg diberikan oleh berita Hoax tersebut.

Demikian sedikit informasinya, semoga ada manfaatnya, dan marilah kita cek dan ricek dulu setiap informasi yang akan kita share, agar kita terhindar dan tidak termasuk penyebar berita HOAX.

Salam
Yuhefizar a.k.a Ephi Lintau



IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII