Mengenal Jenis User Pada Open Journal System (OJS)

My Quote

Open Journal System (OJS) menggunakan peran sistem yang komprehensif untuk membagi pekerjaan antara pengguna, menetapkan alur kerja, dan membatasi akses ke berbagai bagian dari sistem. Pengguna dapat terdaftar di peran yang berbeda dari satu jurnal. Ketika seorang pengguna log ke dalam sistem, mereka akan dibawa ke Home page. Dari sini, mereka akan melihat daftar peran mereka milik untuk setiap jurnal dalam sistem (bersama dengan pengguna tertentu link untuk mengedit profil mereka, mengubah password mereka, dll).
User Role OJS
User Role OJS

PERANAN USER YANG TERSEDIA DALAM OJS

Site Administrator

Administrator bertanggung jawab untuk instalasi OJS secara keseluruhan, memastikan pengaturan server yang akurat, menambahkan file bahasa, dan menciptakan setiap jurnal baru pada instalasi. Administrator account Situs ini dibuat sebagai bagian dari proses instalasi. Tidak seperti semua peran OJS lainnya, hanya ada satu Administrator Situs.

Journal Manager

Journal Manajer bertanggung jawab untuk menyiapkan situs web jurnal, mengkonfigurasi pilihan sistem, dan mengelola account pengguna. Ini tidak melibatkan keterampilan teknis lanjutan, tapi memerlukan mengisi formulir berbasis web dan file upload. Journal Manager juga mendaftar Editor, Editor Bagian, Copyeditors, Layout Editor, Proofreaders, Penulis, dan Reviewer. Bergantian, jika nama dan alamat email dari pengguna potensial sudah ada di database lain (misalnya, spreadsheet), mereka dapat diimpor ke dalam sistem. Journal Manager juga memiliki akses ke fitur manajemen lainnya jurnal, dan dapat menciptakan Bagian baru untuk jurnal, mengatur Ulasan Bentuk, mengedit Email default, mengelola Tools Reading, pandangan Statistik dan Laporan, dan banyak lagi.

Reader

Peran Reader adalah peran paling sederhana dalam OJS, dan memiliki kemampuan paling sedikit. Pembaca mencakup pelanggan untuk jurnal yang akses berbasis langganan, dan pembaca yang memilih untuk mendaftar untuk jurnal akses terbuka (apakah akses langsung terbuka atau terbuka setelah jangka waktu). Pembaca terdaftar menerima email pemberitahuan dengan penerbitan setiap masalah, yang meliputi Daftar Isi untuk itu isu tertentu.

Author

Author dapat mengirimkan naskah ke jurnal langsung melalui situs jurnal. Author diminta untuk meng-upload file penyerahan dan untuk menyediakan metadata atau pengindeksan informasi. (Metadata meningkatkan kapasitas pencarian riset online dan jurnal.) Author dapat meng-upload Tambahan File, dalam bentuk set data, instrumen penelitian, atau teks sumber yang akan memperkaya item, serta kontribusi untuk lebih terbuka dan bentuk kuat dari penelitian dan beasiswa. Penulis dapat melacak pengiriman melalui review dan proses editorial – serta berpartisipasi dalam copyediting dan proofreading kiriman yang diterima untuk publikasi – dengan masuk ke situs jurnal.

Editor

Editor mengawasi review, editing dan penerbitan proses keseluruhan. Editor, bekerja dengan manajer Journal, biasanya menetapkan kebijakan dan prosedur untuk jurnal. Dalam proses editorial, Editor memberikan kiriman ke Section Editor untuk melihat melalui Submission Review dan Penyerahan Editing. Editor mengawasi kemajuan pengajuan dan membantu setiap kesulitan. Setelah tinjauan selesai, Editor biasanya melihat pengajuan melalui proses Editing (termasuk copyediting, tata letak mengedit, dan proofreading) meskipun dalam beberapa jurnal ini tetap menjadi tanggung jawab Section Editor yang bertanggung jawab atas proses review pengajuan itu. Editor juga menciptakan masalah jurnal, jadwal pengajuan untuk publikasi, mengatur Daftar Isi, dan menerbitkan masalah sebagai bagian dari Proses Penerbitan. Editor dapat mengembalikan kiriman diarsipkan dengan aktif Dalam Ulasan atau Dalam daftar Editing.

Section Editor

Section Editor mengelola review dan editing kiriman yang mereka telah ditetapkan. Dalam beberapa kasus, seorang Section Editor yang ditugaskan untuk melihat kiriman melalui proses Ulasan juga akan bertanggung jawab untuk melihat kiriman yang diterima melalui proses Editing (yaitu, melalui copyediting, tata letak mengedit, dan proofreading). Seringkali, bagaimanapun, Bagian Editor hanya bekerja dengan proses review, dan Editor, bertindak dalam peran Editor Bagian, melihat kiriman melalui proses Editing. Jurnal akan memiliki kebijakan tentang bagaimana tugas-tugas dibagi.

Reviewer

Reviewer yang dipilih oleh Editor Bagian untuk meninjau kiriman artikel. Reviewer diminta untuk mengirimkan ulasan untuk situs web jurnal (meskipun beberapa jurnal memilih untuk email peninjauan kebijakan) dan mampu meng-upload lampiran untuk penggunaan Editor dan Penulis. Reviewer dapat dinilai oleh Editor Bagian, sekali lagi tergantung pada kebijakan untuk jurnal.

Subscription Manager

Subscription Manager mengelola Langganan jurnal dan Jenis Berlangganan, dan juga dapat mengkonfigurasi mana dan bagaimana pembayaran akan ditangani dalam sistem.
Subscription Manager tidak memiliki halaman mereka sendiri di buku ini; karena mereka hanya melihat sebagian kecil dari halaman Journal Manajer, yaitu Langganan dan halaman Pembayaran

Copyeditor

Copyeditor suntingan kiriman untuk meningkatkan tata bahasa dan kejelasan, bekerja dengan penulis untuk memastikan semuanya di tempat, memastikan kepatuhan yang ketat untuk gaya bibliografi dan tekstual jurnal, dan menghasilkan bersih, diedit copy untuk Layout Editor untuk berubah menjadi galley yang akan dalam format yang diterbitkan jurnal.

Layout Editor

Layout Editor mengubah versi copyedited pengajuan ke galley di HTML, PDF, PS, dll – file yang jurnal telah memilih untuk menggunakan untuk publikasi elektronik. Sistem ini tidak menyediakan perangkat lunak untuk mengkonversi dokumen pengolah kata ke format dapur, sehingga Layout Editor harus memiliki akses ke dan dapat menggunakan paket perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat galley menyajikan artikel pada layar dengan tata letak yang diformat dan dapat dibaca , dalam cara jurnal ilmiah, dan dengan mata untuk media ini penerbitan baru (dengan konsultasi tata letak yang digunakan oleh penerbit lain dari jurnal online, seperti Highwire Press, misalnya, di bidang ilmu pengetahuan atau Proyek Muse di humaniora). Dalam beberapa kasus, Editor atau Editor Bagian juga akan berfungsi sebagai Layout Editor.

Proofreader

Proofreader (Pengarang) mencatat kesalahan tipografi dan format untuk Layout Editor untuk memperbaiki. Dalam kasus beberapa jurnal, Editor atau Editor Bagian juga akan berfungsi sebagai Proofreader.
Sumber: pkp


IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII