Buku : Kupas Tuntas OJS Versi 3

My Quote

Alhamdulillah, Jum’at, 14 Juli 2017, mendapat email dari Editor Buku Elex Media, yaitu kabar gembira bahwa buku kami dengan judul “Kupas Tuntas Open Journal System Versi 3” akan segera beredar akhir bulan Juli ini. Semoga bermanfaat untuk para akademisi, praktisi dan pengelola jurnal yang menggunakan OJS V3. Insya Allah awal bulan Agustus sudah mulai tersedia di toko-toko buku, terutama toko buku Gramedia seluruh Indonesia. ini merupakan buku saya yang ke 15 sejak menulis tahun 2006. Klik disini daftar buku yang pernah saya tulis. Buku ini diplot  dengan harga Rp. 62.800.

SINOPSIS :

Open Journal System (OJS) merupakan software yang khusus digunakan untuk mengelola jurnal online yang bersifat  open source, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja untuk belajar, meneliti dan mengubahnya tanpa khawatir dengan biaya lisensi. Versi terbaru OJS (Versi 3) telah banyak mengalami perkembangan, baik dari segi sistem, manajemen pengelolaan, serta tampilan. Dengan mengutamakan kemudahan proses manajemen jurnal online, OJS 3 memangkas proses-proses yang cukup rumit pada OJS versi sebelumnya. Selain itu, dengan mengusung tampilan responsif yang menyesuaikan tampilan kepada perangkat pengguna, tentunya kian menambah daya tarik OJS 3.

Untuk mampu menggunakan OJS 3 dengan baik, tentu dibutuhkan buku panduan yang lengkap dan detail, untuk itulah buku ini lahir dan berada ditangan pembaca.

Dalam buku ini dibahas secara detil pengaturan dan penerapan pengelolaan jurnal online dengan OJS 3, diantaranya : Instalasi OJS 3, Administrasi Website, Pengaturan Tampilan, Pengaturan Kebijakan Pengelolaan Jurnal, Manajemen User, Article Submission, Proses Editorial, Proses Review Jurnal, Publikasi dan Distribusi Jurnal, Pemanfaatan Tools dan Plugin tambahan, Optimasi dan Indeksasi Jurnal dan penjelasan tentang Akreditasi Jurnal serta persiapannya. Sehingga buku ini sangat cocok untuk semua kalangan yang terlibat dalam proses sebuah jurnal, baik sebagai pengelola/editor, sebagai reviewer, sebagai penulis serta untuk para akademisi, peneliti dan praktisi yang akan menerbitkan karyanya di jurnal berbasis OJS 3.

Dengan mengikuti step by step buku ini, kami berharap dan cukup percaya bahwa pembaca akan mampu menggunakan OJS serta mengelola jurnal online dalam waktu yang relatif singkat serta tidak memerlukan kemampuan pemrograman.

Publisher Elex Media Komputindo
ISBN 9786020439990
Estimated Weight 0.38 kg
Country of Manufacture Indonesia
Publish Date Jul 31, 2017
Width 14
Length 21
Thickness 1.7
Pages 280
Language INDONESIA
Cover Type SOFT COVER

KATA PENGANTAR :

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan akan terbitan ilmiah berkala sudah menjadi hal mendesak bagi setiap perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, dan lembaga penelitian non pemerintah dan tentunya bagi para akademisi, peneliti dan praktisi sebagai media untuk menyebarkan ilmu. Jurnal ilmiah telah menjadi salah satu parameter bagi perkembangan ilmu pengetahuan di sebuah institusi, baik institusi pendidikan maupun non-pendidikan. Bahkan, jurnal juga menjadi salah satu syarat untuk akreditasi sebuah institusi, khususnya institusi pendidikan tinggi. Tidak heran jika banyak institusi yang berusaha untuk menyediakan dan menerbitkan jurnal ilmiah. Namun sayangnya penerbitan jurnal ilmiah seringkali terhambat oleh faktor biaya penerbitan, khususnya bagi jurnal baru.

Dengan perkembangan teknologi informasi, penerbitan berkala ilmiah sudah dapat dilakukan secara daring (online) yang dikenal dengan e-jurnal. Selain dapat mengurangi biaya cetak, penggunaan e-jurnal juga memungkinkan akses dan diseminasi artikel yang lebih luas. Salah satu aplikasi layanan pengelolaan jurnal online yang populer digunakan adalah Open Journal System (OJS).Selain open source dan gratis, OJS juga memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk menangani publikasi online dan terhubung dengan berbagai mesin pencari (search engine), sehingga memudahkan indentifikasi dan pencarian artikel. Saat ini versi OJS terbaru adalah versi 3.0.X yang telah banyak mengalami perkembangan, baik dari segi sistem maupun secara tampilan. Kemampuan beradaptasi dengan perangkat bergerak (mobile) yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, merupakan salah satu keunggulan OJS versi 3.

Buku ini merupakan buku pertama yang membahas step by step penggunaan dan penerapan OJS 3 dalam mengelola jurnal online. Selain pembahasan mengenai penerapan OJS 3 baik sebagai manager jurnal, editor, reviewer, maupun sebagai author/penulis buku ini juga menjelaskan optimasi jurnal online, seperti pengajuan pendaftaran ISSN, penyesuaian untuk indeksasi, seperti DOAJ dan Portal Garuda, serta pengajuan akreditasi.

Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi yang dapat digunakan dalam pengelolaan jurnal ilmiah di Indonesia dan dapat mendorong pertumbuhan jurnal ilmiah baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya.

Terimakasih kepada PT. Elex Media Komputindo yang telah bersedia menerbitkan buku ini, semoga jalinan kerjasama yang baik ini membawa manfaat luar biasa bagi banyak orang, Aamiiin YRA.

Namun kami sadar, masih banyak kekurangan dalam penulisan buku ini, walau kami sudah berusaha semaksimal mungkin menyajikan yang terbaik. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan buku ini sangat kami harapkan.

DAFTAR ISI Buku

Kata Pengantar
Daftar Isi
1.    Pendahuluan
1.1    Sekilas Tentang Open Journal System (OJS)
1.2    Fitur-Fitur OJS
1.3    Apa Yang Baru Di OJS 3.0?
1.4    Alur Pengelolaan Jurnal Online
2.    Instalasi OJS 3
2.1    Instalasi Lokal Server
2.2    Instalasi OJS 3
3.     Site Administrator
3.1    Roles Pada OJS 3
3.2    Manajemen Situs
Menambahkan Jurnal
Menambahkan Journal Manager
3.3    Fungsi Administratif
4.    Journal Manager
4.1    Melihat Dan Mengganti Profil
4.2    Manajemen User Dan Role
Menambahkan Editor
Menajemen Role (Peran)
Pengaturan Akses Konten Site Access)
4.3    Pengaturan Web Dan Jurnal
Melengkapi Identitas Jurnal (Masthead)
Memanfaatkan Fitur Pengelolaan Teks
Menambahkan Kontak
Menambahkan Jenis Terbitan (Sections)
4.4    Setting Website
Pengaturan Tampilan
Pengaturan Informasi
Pengaturan Pengartipan (Archive)
Pengaturan Bahasa
Mengenal Plugin OJS 3
Menambahkan Pemberitahuan
4.5    Pengaturan Alur Editorial (Workflow)
Mengatur Komponen Jurnal
Pengaturan Pengiriman Artikel (Submission)
Pengaturan Review Artikel (Review)
Mengelola Email
4.6    Pengaturan Luaran Terbitan (Distribution)
5.    Pengelolaan Terbitan
5.1    Persiapan Penerbitan Issue
Mengenal Task (Tugas)
Mengaktifkan Form Review
Membuat Edisi Terbitan (Issue)
5.2    Kepengarangan Dan Pengiriman Artikel
Registrasi Penulis
Pengiriman Artikel (Submit)
Merespon Pengiriman Artikel
Menambahkan Editor Sesi (Section Editor)
5.3    Proses Review Dan Revisi Artikel
Menunjuk Reviewer
Proses Review Oleh Reviewer
Merespon Hasil Review
Membuat Keputusan Editorial
Melakukan Perbaikan Artikel
Merespon Revisi Dari Penulis
5.4    Copyediting
5.5    Proses Produksi
Layout Editor
Penjadwalan Publikasi Artikel
5.6    Distribusi Publikasi
Menerbitkan Issue
Memperbaiki Kesalahan Setelah Publikasi
6.    Tool Dan Plugin
6.1    Pemanfaatan Plugin
Menambahkan Halaman Statis
Mengatur Dan Menambah Sidebar
Menambahkan Navigasi Dengan Tabel
Menambahkan Navigasi Dengan Span
Menambahkan Logo Indeksasi
6.2    Mengatur Statistik Dan Laporan Jurnal
Mengaktifkan Google Analytics
Menambahkan Hit Counter
6.3    Menggunakan Tools Pada OJS 3
Menggunakan Fitur Ekspor Dan Impor
Membuat Laporan
Mengamankan Web Jurnal
7.    Optimasi Jurnal
7.1    Registrasi Issn
7.2    Mengatur Penggunaan Doi Pada OJS
7.3    Pengindeksan
Membuat Profil Pada Google Scholar
Mendaftar Di Pkp Index
Mendaftar Di Portal Garuda
Mendaftar Di Doaj
7.4    Menyiapkan Jurnal Terakreditasi
Daftar Pustaka

PENULIS :

Handoko, merupakan dosen Bahasa Inggris Universitas Dharma Andalas dan instruktur Bahasa Inggris di Pusat Bahasa Universitas Andalas. Selain Bahasa Inggris, Handoko juga menyukai teknologi dan juga ikut membantu di Divisi Multimedia LPTIK Unand. Saat ini dipercaya untuk mengelola beberapa versi online jurnal di Universitas Andalas, antara lain Jurnal Vivid, Jurnal Puitika dan Jurnal Arbitrer, serta menjadi technical support untuk jurnal di Universitas Andalas.

Dapat dihubungi melalui email : handoko@rektorat.unand.ac.id

Ikhwan Arief, merupakan dosen Teknik Industri Universitas Andalas yang aktif dalam pengembangan teknologi informasi di Unand. Saat Ini dipercaya sebagai Sekretaris Ketua di Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unand, serta Ketua Tim Pengembangan Perpustakaan Unand. Ikhwan Arief telah aktif menggunakan dan memperkenalkan OJS sejak tahun 2006 baik di lingkungan Universitas Andalas maupun di Sumatera Barat secara umum. Selain itu, Ikhwan Arief juga tercatat sebagai pengelola Jurnal Optimasi Sistem Industri (JOSI) yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Dapat dihubungi melalui email : ikhwanarief@gmail.com

Yuhefizar, dosen di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang yang juga aktif menulis buku yang bertemakan teknologi informasi. Saat ini juga menjadi ketua Organisasi Profesi Ikatan Ahli Informatika Indonesia wilayah Sumatera Barat serta menjadi reviewer di beberapa jurnal dan juga terlibat dalam pengelolaan jurnal.  Menyelesaikan study S.1 Sistem Informasi di STMIK Jayanusa Padang, dan S.2 Magister Komputer di Universitas Putra Indonesia, Padang, serta S.3 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Dapat dihubungi melalui email : ephi.lintau@gmail.com

Padang, Medio Juni 2017

Handoko | Ikhwan Arief | Yuhefizar



IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII