Alhamdulillah – Insinyur Profesional Madya

My Quote

Persatuan Insinyur Indonesia(PII)  merupakan salah satu organisasi profesi yang mendapat tempat yang terhormat dalam masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi pada khususnya. Citra ini terbentuk sebagai hasil jerih payah perjuangan tak kenal lelah yang dilakukan oleh Pengurus PII terdahulu.

Pada dasarnya Sistem Sertifikasi ini merupakan pengakuan resmi atas kompetensi keprofesionalan seorang insinyur, yang sudah menempuh pendidikan sarjana teknik atau pertanian, serta sudah mengumpulkan pengalaman kerja yang cukup dalam bidang keinsinyuran yang ditekuninya. Dengan demikian masyarakat konsumen memperoleh perlindungan karena mereka yang sudah memperoleh sertifikat Insinyur Profesional adalah yang kompetensinya sudah benar-benar terbukti berdasarkan bakuan yang mengacu pada kaidah-kaidah internasional.

Sertifikat Insinyur Profesional diberikan dalam tiga jenis, yang sekaligus juga menunjukkan jenjang kompetensi yang dimilikinya.

  1. Insinyur Profesional Pratama (IPP), yaitu para insinyur yang sudah bekerja lebih dari tiga tahun sejak mencapai gelar kesarjanaannya dan sudah mampu membuktikan kompetensi keprofesionalannya.
  2. Insinyur Profesional Madya (IPM), yaitu para pemegang sertifikat Insinyur Profesional Pratama atau yang sudah bekerja dan membuktikan kompetensinya selama paling sedikit lima tahun dan lulus proses penilaian dan wawancara.
  3. Insinyur Profesional Utama (IPU), yaitu para pemegang sertifikat Insinyur Profesional Madya yang telah bekerja dan membuktikan kompetensinya selama paling sedikit delapan tahun setelah ia memperoleh sertifikat Insinyur Profesional Madya, serta mempunyai reputasi keprofesionalan secara nasional.

Melalui fasilitasi organisasi profesi Ikatan Ahli  Informatika Indonesia (IAII) menginisiasi pembentukan Badan Kejuruan (BK) baru di PII, yaitu BK Teknik Informatika, saya berkesempatan mengikuti lokakarya Insinyur Profesional, kemudian menyiapkan dan mengisi Formulir Aplikasi Insinyur Profesioanal, dan setelah lulus, dibagian akhir mengikuti proses wawancara dengan asesor dari BK Elektro.  Alhamdulillah dapat melewati itu semua, dan memperoleh gelar IPM (Insinyur Profesional Madya), yang nantinya saya dan beberapa teman lainnya dipersiapkan untuk pengurus BK Teknik Informatika di PII.

Semoga bermanfaat nantinya, baik untuk saya pribadi dan orang banyak…Aamiinn YRA.

 



IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII