Kopdar IAII DPW Sumbar ke 4

Pengurus IAII DPW Sumbar

Minggu, 19 Maret 2017, Pengurus Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) DPW Sumatera Barat akan mengadakan seminar nasional bertemakan “Peran Internet of Things Dalam Mewujudkan Smart City dan Peningkatan Ekonomi Digital”.

Seminar nasional tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 8 April 2017 di aula STMIK Jayanusa Padang. Beberapa narasumber yang akan dihadirkan adalah Prof. Dr. Ganefri, MT (Rektor UNP) dengan tema Ekonomi Digital, Dr. Bambang Hariyanto, MT (Ketum IAII) yang akan membawakan topik Internet of Things serta Ir. Imanuddin (expert Smart City Nusantara Divisi Local Goverment Service dari PT. Telkom) yang akan menyampaikan materi tentang Smart City.

Pada kegiatan yang didukung penuh oleh IAII pusat tersebut, akan diserahkan Kartu Tanda Anggota IAII kepada pengurus IAII DPW Sumbar. Selain itu, pada kesempatan yang sama, akan di-launching Jurnal Nasional dan Internasional IAII. Tidak itu saja, akan ada penandatanganan kerjasama antara IAII dengan beberapa perguruan tinggi dalam bentuk Center of Excellent pada bidang ilmu informatika, sehingga diharapkan IAII sebagai organisasi profesi memberikan peran positif terhadap kemajuan perguruan tinggi di bidang ke-informatika-an.

Ketua IAII Sumbar, Dr.Yuhefizar Mkom menyatakan, salah satu peran dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia adalah menyebarluaskan informasi terkini di tengah-tengah masyarakat, terutama kaitannya dalam bidang informatika. Internet of Things sudah menjadi tren pembahasan di berbagai diskusi ilmiah bidang informatika serta kaitan dan perannya dalam mewujudkan smart city  dan peningkatan ekonomi digital. Ketiga topik tersebut menjadi sangat penting akhir-akhir ini karena besarnya peran internet serta kemampuannya menjangkau daerah terpencil.

“Dengan seminar yang akan diadakan, IAII diharapkan mampu memainkan perannya sebagai organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika serta meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945,” ujarnya, Senin (20/3).

Seminar terbuka untuk dosen, PNS, mahasiswa dan masyarakat umum. Untuk informasi pendaftaran dapat mengunjungi http://blog.sisfotek.org/pendaftaran-seminar/. (rin/rel)

IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII