Workshop RPS

My Quote

Sabtu, 3 Desember 2016, mulai jam 09:00 WIB mengikuti workshop pembuatan Rencana Pembelajaran Semester di Kampus Politeknik Negeri Padang (PNP) yang diadakan oleh P3AI yang bertujuan meningkatkan  output pembelajaran dengan perencanaan yang sesuai dengan standar SKKNI.

RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. RPS disusun menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diperbarui dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

RPS yang disusun paling sedikit memuat;

  1. Nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu;
  2. Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;.
  3. Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
  4. Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
  5. Metode pembelajaran;
  6. Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
  7. Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester;
  8. Kriteria, indikator, dan bobot penilaian; dan
  9. Daftar referensi yang digunakan.

Dalam workshop ini dihadirkan para pematri yang telah lama berkcimpung dalam bidang kurikulum ini, diantaranya Bpk. Agus Kamar, Ibu Endrwatai dan lainnya. Diharapkan dengan pelatihan ini, dosen PNP telah mampu membuat RPS yang sesuai dengan standar yang ditetapkan, ujar Bpk. Zulharbi selaku ketua P3AI PNP.

Padang, 3 Desember 2016

Yuhefizar a.k.a Ephi Lintau
Yuhefizar a.k.a Ephi Lintau


IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII