Mengatasi Suara Yang Tidak Keluar Saat Menggunakan HDMI.

My Quote

Hampir pada semua perangkat komputer atau laptop trutama untuk keluaran terbaru, pastinya akan didapati sebuah port (lubang colokan) yang hampir mirip dengan bentuk lubang USB, itulah lubang HDMI. HDMI kepanjangan dari High Definitions Multimedia Interface, (silahkan baca : Sejarah dan perkembangan HDMI) Penggunaannya dewasa ini sudah menjadi standar port alat-alat elektronik, banyaknya keunggulan yang dimiliki HDMI membuat penggunaannya banyak kita jumpai, seperti dalam Televisi/Smart TV, LCD, Play Satation (PS) dan perangkat elektronik lainnya. Bahkan pada Laptop atau notenook kelauaran terbaru HDMI mampu menggeser fungsi VGA sebagai output Visual, makannya ada laptop yang hanya menggunakan port HDMI dan tidak ada lubang VGA, untuk solusinya silahkan anda baca Kenapa Laptop Baru Tidak Ada Port VGA?
Seperti yang telah kita ketahui, merupakan perangkat pendukung dalam hal MULTIMEDIA, berarti dengan hdmi dapat mentansmisikan gelombang-gelombang yang berhubungan dengan MULTIMEDIA, seperti salahsatunya adalah Audio atau suara.

Saat menggunakan fungsi HDMI untuk audio baik untuk OUTPUT ataupun untuk INPUT, biasanya pengguna mendapatkan beberapa kesulitan, seperti misalnya saat kita hendak menggunakan proyektor yang menggunakan port HDMI, saat laptop atau PC terhubung, tiba-tiba suara dalam laptop mennghilang. Atau juga sebaliknya saat hendak menyambungkan Laptop/komputer dengan TV, LCD atau proyektor yang sudah mempunyai output audio, saat suara yang kita kehendaki keluar dari TV, LCD atau proyektor itu, malah tetap keluar dari Laptop.

Baca : Mengatasi Laptop / Notebook Yang Tidak Bisa Konek Proyektor /Infocus

Nah, untuk mengatasi Hal-hal tersebut sebanarnya ada beberapa setingan yang perlu kita lakukan agar suara bisa keluar saat menggunakan HDMI baik pada Laptop/Notebook/komputer atau perangkat elektronik lainnya.
1. AGAR SUARA KELUAR DARI LAPTOP/KOMPUTER
Bila saat kita menyambungkan HDMI dengan komputer atau Laptop, lalu tiba-tiba suara laptop atau komputer mati dan tidak keluar, berarti perangkat otomatis mendeteksi HDMI sebagai outputnya, untuk menghindari hal tersebut berikut adalah pengaturannya.
Buka pengaturan Sound pada Control Panel>Hardware And Sound>Sound, lalu lihat pada tab pertama bagian Playback. disana akan ada daftar output yang bisa kita gunakan.
Jika ingin mengeluarkan suara dari laptop berarti tinggal memindahkan saja playback defaultnya pada kartu audio kita.
Ini sama halnya jika kita menggunakan Speaker tambahan, biasanya speaker eksternal akan ada pada daftar tersebut, untuk menghindari kesalahan bisa juga kita test dengan Klik kanan>Test. Dan untuk memindahkan mana yang ingin kita gunakan, tinggal Klik kanan pada output yang dikehendaki kemudian>Set as default Device, separti pada tutorial nomor 1 diatas.
atau dengan cara mendisable pada HDMI, biasanya output Default akan pindah otomatis, dijamin suara akan keluar.
2. AGAR SUARA KELUAR DARI PERANGKAT LAIN (Bukan dari Laptop/PC)
Beda halnya dengan kasus yang pertama, kali ini kita tidak mengininkan suara keluar dari Laptop/netbook/PC, melainkan keluar dari perangkat lain seperti LCD atau LCD-TV. sebenarnya ini kebalikan dari kasus yang pertama, tinggal kita pindahkan saja settingaan pada Playback dengan output HDMI, klik kanan pada HDMI, lalu pilih > Set as default device.
Namun bila tetap tidak keluar, mungkin ada yang harus kita setting pada perangkat hdmi tersebut. misalnya tidak Suara atau layar tidak kunjung timbul pada TV, coba pindahkan pengaturan TV pada input modenya pada HDMI bukan pada AV atau yg lainnya.
Nah itulah sedikit tips tentang cara Mengatasi Suara yang tidak keluar saat menggunakan HDMI, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu.
Sumber : https://seenday.blogspot.co.id/2016/02/mengatasi-suara-yang-tidak-keluar-saat.html


IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII