Yuhefizar, Doktor TI Pertama PNP

My Quote

ephi

Politeknik Negeri Padang (PNP) kini memiliki doktor pertama di Jurusan Teknologi Informasi setelah salah seorang dosennya Yuhefizar, berhasil melewati sidang terbuka promosi doktornya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jumat (4/3). 

Dalam disertasinya berjudul “Two-Stages Clustering untuk Segmentasi Pengunjung Web pada Web Usage Mining”, doktor ke-73 Jurusan Elektro ITS Surabaya ini membahas tentang teknik pra-pemrosesan data web log dengan lebih detail dan segmentasi pengunjung web menggunakan teknik two-stage clustering.
Two-stages clustering adalah pendekatan baru dalam teknik  klasterisasi pada data web log yang berbentuk user frequently access dan user access pattern.
“Penelitian ini dilakukan tahapan pra-pemrosesan lebih detail dan mengajukan pendekatan baru untuk tujuan segmentasi pengunjung web yang disebut pendekatan klasterisasi 2 tahap (two-stages clustering),” ujar Yuhefizar, kemarin.
Klasterisasi tahap pertama, jelas putra Tanahdatar itu, dilakukan pada data yang berbentuk user frequently access (frekuensi kunjungan) menggunakan metoda klaster non-hirarki, kemudian dilanjutkan klasterisasi tahap kedua pada data yang berbentuk user access pattern (pola kunjungan user).
Pada klasterisasi tahap kedua digunakan kombinasi metode klaster hirarki dan non hirarki.
Dari penerapan metode tersebut berhasil mereduksi data web log sebesar 98.38% dan peningkatan hasil klasterisasi hingga 9,93% serta memperoleh klaster-klaster/segmentasi pengunjung web beserta profilnya yang dapat dijadikan acuan untuk tujuan personalisasi web, modifikasi web dan kepentingan lainnya dalam lingkup Web Usage Mining (WUM).
”Berdasarkan hasil uji coba pada data web log ITS, dapat disimpulkan bahwa teknik pra-pemrosesan yang digunakan mampu mereduksi data web log hingga 98.38%. Jika dilihat dari sisi user, tereduksi hingga 97,18%. Hal sama untuk jumlah halaman web, hanya 0,84% yang akan diproses lebih lanjut,” kata alumni program Sarjana STMIK Jayanusa dan Magister UPI YPTK Padang ini.
Dalam menyelesaikan studinya, pria yang telah menerbitkan banyak buku dan jurnal sejak tahun 2006 ini, dibimbing Dr Yoyon Kusnendar Suprapto dan Dr I Ketut Eddy Purnama. (*)
Sumber : http://www.koran.padek.co


IAII Sumatera Barat


Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan, dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Profil IAII